• Tentang UGM
  • IT Center
Universitas Gadjah Mada Pusat Studi Kebudayaan
Center for cultural studies
Universitas Gadjah Mada
  • beranda
  • Tentang Kami
  • Kegiatan
    • Kegiatan 2023
    • Kegiatan 2022
    • Kegiatan 2021
    • Kegiatan 2019
    • Kegiatan 2018
    • Kegiatan 2014
  • Staf
  • Publikasi
  • Galeri
  • Unduhan
  • Beranda
  • Berita
  • Uji Coba produk Permainan Interaktif Semi-digital TRUWELU: “Seru dan menyenangkan!”

Uji Coba produk Permainan Interaktif Semi-digital TRUWELU: “Seru dan menyenangkan!”

  • Berita
  • 27 November 2023, 06.27
  • Oleh: kebudayaan.pusdi
  • 0
Peserta Uji Coba Permainan Interaktif Semi-digital TRUWELU

Tim Pusdi Kebudayaan dan Pusdi Bencana UGM melakukan uji coba produk Permainan Interaktif Semi-digital TRUWELU (20/11/23) di Ballroom Sagan Heritage. Kegiatan ini dihadiri pula reviewer yakni Andi Awaluddin Fitrah, M.A. (Reviewer 1) dan Syafrizal, S.IP., M.A. (Reviewer 2) serta peserta umum terbatas. Reviewer 1 berlatar belakang penelitian berfokus kepercayaan masyarakat pada bencana. Reviewer 2 berlatar belakang penelitian berfokus pada komunikasi digital dan pengembangan game.

Acara diawali dengan doa pamuji, dilanjut dengan sambutan oleh Plt. Kepala Pusdi Kebudayaan UGM Dr. Sri Ratna Saktimulya, M.Hum., pengantar kebencanaan oleh Kepala Pusdi Bencana (PSBA) UGM Dr.rer.nat Muhammad Anggri Setiawan, M.Si., serta pemaparan laporan kemajuan dan rencana tindak lanjut TRUWELU oleh Amabilita C. Shafaswara, A.P.

Sesi uji coba dilakukan sesuai kelompok pada meja masing-masing. Peserta diberi kesempatan merasakan bagaimana memainkan TRUWELU. Permainan ini memuat 150 pertanyaan “pitakonan” dan 75 pengetahuan “kawruh”. Di akhir acara, tim mendapat saran pengembangan produk dari reviewer dan peserta. 

“Permainannya seru dan menyenangkan, mendapat insight baru dari kawruh serta melatih ingatan kembali. Ada dua poin yang saya soroti. Pertama, kain agak kekecilan untuk banyak pemain. Kedua, perlu adanya jenjang tingkat kesulitan pertanyaan pada permainan menurut jenjang pendidikan pemain sehingga lebih menantang”, (Aditya Insani, peserta).

“TRUWELU bisa menjadi salah satu platform yang tidak hanya spesifik (mitigasi bencana) tetapi juga hal yang lebih luas (komunikasi bencana: seperti adaptasi)”, (Reviewer 1).

“Saya apresiasi atas usaha teman-teman atas mengedukasi siswa untuk memahami mitigasi bencana dengan pendekatan hiburan dan budaya, itu sesuatu yang tidak mudah. Ada potensi bahwa secara teknis ketika diputuskan mengembangkan semi-digital ada keinginan untuk mempertahankan interaksi sosial tetap berjalan, di sisi lain ketika menggunakan perangkat digital di tempat-tempat tertentu apabila koneksi internet tidak stabil itu perlu diantisipasi karena bisa jadi permainan tidak dapat dilanjutkan atau algoritma kembali ketitik awal”, (Reviewer 2). 

Diharapkan produk yang sudah unik dan menarik ini ke depannya dapat dikembangkan lebih optimal dan tepat sasaran.

 

Penulis: Wigyasri Titiswari

Tags: Edukasi Permainan

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Recent Posts

  • Pusat Studi Kebudayaan Beralih menjadi Praktik Cek Weton?
  • Implementasi Konsep Ki Hadjar Dewantara “Ngerti-Ngrasa-Nglakoni” pada Adaptasi Iluminasi Manuskrip Kalimantan Selatan dalam Wastra Batik
  • Peluncuran Produk-Produk Pusat Studi Kebudayaan UGM, Langsung Diresmikan oleh Bunda Literasi DIY (G.K.B.R.A.A. Paku Alam)
  • Sosialisasi Permainan Interaktif Semi-digital TRUWELU di SMP N 1 Cangkringan sebagai Upaya Edukasi Mitigasi Bencana berbasis Budaya
  • Sosialisasi Permainan Interaktif Semi-digital TRUWELU di SMP N 1 Cangkringan sebagai Upaya Edukasi Mitigasi Bencana berbasis Budaya
Universitas Gadjah Mada

Pusat Studi Kebudayaan
Universitas Gadjah Mada
Kompleks Bulaksumur,
Jl. Trengguli No. E9,
Yogyakarta
Tlp. 0274-521317

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju